Pengaruh Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan



PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN
Oleh: Hikmatullah 
Pendahuluan 
Perkembangan globalisasi di seluruh dunia telah banyak mempengaruhi setiap bidang yang ada dalam kehidupan bangsa dan negara, diantaranya bidang ekonomi, politik, sosial-budaya bahkan dalam bidang pendidikan. Proses globalisasi merupakan suatu rangkaian proses yang mengintegrasikan kehidupan global didalam suatu ruang dan waktu melalui internasionalisasi perdagangan, internasionalisasi pasar dari produksi dan keuangan, internasionalisasi dari komoditas budaya yang ditopang oleh jaringan system telekomunikasi global yang semakin canggih dan cepat. Intinya dari proses globalisasi yaitu terciptanya suatu jaringan kehidupan yang semakin terintegrasi. Dengan demikian, globalisasi bisa dianggap sebagai penyebaran dan intensifikasi dari hubungan-hubungan berbagai bidang kehidupan yang mampu menembus sekat geografis ruang dan waktu, baik itu dalam hal ekonomi, sosial, politik, teknologi, informasi, komunikasi, transportasi, dll.
Dalam bidang pendidikan, globalisasi telah memberikan pengaruh yang besar terhadap perubahan pendidikan baik secara sistem maupun kurikulum yang akan diajarkan. Pengaruh besar globalisasi tersebut tidak terlepas dari semakin berkembangnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, revolusi pendidikan yang terjadi di berbagai negara-negara maju khususnya, juga ikut mempengaruhi masuknya arus deras globalisasi ke dalam dunia pendidikan.
Meskipun demikian, beberapa tokoh merasa adanya ambivalensi terhadap globalisasi dalam dunia pendidikan. Mereka beranggapan bahwa globalisasi dalam dunia pendidikan akan tampak sebagai “berkah” di satu sisi, dan sebagai “kutukan” di sisi yang lain. Artinya terdapat berbagai dampak yang cukup signifikan dari pengaruh globalisasi terhadap perkembangan dunia pendidikan saat ini.
Untuk itu melalui tulisan ini kami mencoba membahas tentang dampak apa saja yang dihasilkan oleh globalisasi terhadap dunia pendidikan serta solusi apa yang tepat bagi lembaga pendidikan dalam menghadapi arus deras globalisasi yang terjadi pada saat ini.
A. Pengertian globalisasi
Menurut asal katanya, kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Globalisasi merupakan suatu proses tatanan masyarakat yang bersifat mendunia dan tidak mengenal batas wilayah, akan memberikan dampak baik yang bersifat positif maupun dampak buruk yang bersifat negatif. Menghindar atau bersifat tertutup dari dampak globalisasi adalah hal yang tidak mungkin, karena kita adalah bagian dari masyarakat dunia. 
Konsep globalisasi juga dapat dijelaskan sebagai sebuah proses perubahan dalam dinamika kehidupan. Perubahan itulah yang kemudian membawa masyarakat ke arah globalisme, yaitu sebuah kesadaran dan pemahaman baru bahwa dunia adalah satu. 
Di sisi lain, globalisasi dianggap sebagai sebuah proyek yang di usung oleh negara-negara adikuasa untuk menguasai dunia. Dari sudut pandang ini, globalisasi tidak lain adalah kapitalisme dalam bentuknya yang paling mutakhir. Dengan demikian melalui konsep globalisasi negara yang miskin dipaksa untuk bersaing dengan negara-negara yang kuat dalam hal mengendalikan ekonomi dunia.

B. Globalisasi dalam dunia pendidikan
Menurut Ali Sya’ban, proses globalisasi telah mempengaruhi berbagai bidang kehidupan, diantaranya:
Ø Globalisasi bidang politik
Ø Globalisasi bidang ekonomi
Ø Globalisasi bidang budaya
Ø Globalisasi bidang pendidikan 
Dalam kaitannya dengan globalisasi, lembaga pendidikan dituntut untuk menciptakan masyarakat masa depan yang berdasarkan ilmu pengetahuan. Melalui pendidikan, proses transmisi serta pengembangan ilmu pengetahuan akan terjadi. Meskipun demikian, keberadaan globalisasi dalam dunia pendidikan akan menghilangkan nilai budaya yang terkandung dalam pendidikan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari hilangnya nilai moral anak bangsa setelah adanya pengaruh dari globalisasi ini.
Persoalan globalisasi pendidikan di Indonesia sudah terjadi sejak zaman pemerintahan orde baru melalui UU No. 7 tahun 1994. Artinya, negara memiliki peran besar dalam melegalkan proyek kapitalisme dalam dunia pendidikan. Dengan demikian, melalui legalitas tersebut upaya untuk menolak globalisasi pendidikan adalah sesuatu yang sangat sulit karena menyangkut dinamika politik nasional maupun internasional. 
Keberadaan globalisasi dalam dunia pendidikan memang dianggap sebagai benalu atau berwajah ganda. Dimana dalam teori pendidikan yang umumnya bersifat humanistik, oleh globalisasi menjadi sangat dehumanistik. Selain itu, melalui globalisasi definisi pendidikan sebagai upaya sadar untuk mencerdaskan dan memproduksi ilmu pengetahuan menjadi celoteh tak berguna, karena definisi pendidikan kini menjadi pelatihan kerja (workshop) untuk memproduksi tenaga-tenaga produktif. Peserta didik hanya diarahkan untuk menjadi tenaga-tenaga yang dibutuhkan dalam pengembangan dan persaingan dibidang industri dan tekhnologi.
Wajah ganda lain dari globalisasi pendidikan adalah semangat internasionalisme yang tumbuh di perguruan tinggi yang bertaraf internasional dan outcome-nya siap berkompetisi secara internasional dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Menurut Ali Sya’ban wajah lain dari globalisasi tersebut akan mengikis secara perlahan nation character building melalui serangkaian kurikulum yang berorientasi barat. 
Meskipun saat ini belum secara masif diterapkan, model commercial presence ala WTO jelas akan menimbulkan disintegrasi dalam dunia pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari masalah biaya pendidikan yang semakin mahal. Mahalnya biaya pendidikan terutama di pendidikan tinggi, semakin menyulitkan masyarakat untuk bisa mengakses dunia pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai barang mewah yang hanya bisa diakses kalangan tertentu, semakin mahal harga pendidikan maka semakin mewah pula nilai yang melekat didalamnya sehingga muncul stratak sosial yang terbangun, yaitu orang kaya pendidikannya mahal dan orang miskin pendidikannya murahan. Dengan demikian upaya globalisasi dalam dunia pendidikan akan mengakibatkan kesenjangan sosial dalam masyarakat serta semakin lebarnya jurang pemisah antara si kaya dan si miskin.  
Ali Sya’ban kembali menjelaskan bahwa salah satu manifestasi globalisasi pendidikan, khususnya pendidikan tinggi adalah berkembangnya pasar pendidikan tinggi tanpa batas (boarderless higher education market). Hal tersebut dapat dilihat dari kebijakan pemerintah terkait pengaturan dan pengelolaan lembaga-lembaga pendidikan. Privatisasi dalam lembaga pendidikan tersebut terlihat dalam pasal 53 (1) UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa melalui badan hukum pendidikan, lembaga pendidikan dibebaskan (otonomi sendiri) dalam hal mengatur dan mengelola kegiatan pendidikan, penyelenggaraan biaya pendidikan, juga termasuk mencari modal untuk diinvestasikan dalam operasional pendidikan. 
Meskipun demikian, pendidikan di era globalisasi harus bergeser ke arah pendidikan yang berwawasan global. Pendidikan berwawasan global ialah proses pendidikan yang dirancang untuk mempersiapkan anak didik dengan kemampuan dasar intelektual dan tanggung jawab guna memasuki kehidupan yang bersifat kompetitif dengan derajat saling menggantungkan antar bangsa yang sangat tinggi. Pendidikan harus mengaitkan proses pendidikan yang berlangsung disekolah dengan nilai-nilai yang selalu berubah di masyarakat global. Dengan demikian, sekolah harus memiliki orientasi nilai, dimana masyarakat tersebut harus selalu dikaji dalam kaitannya dengan masyarakat dunia. 


C. Dampak Globalisasi dalam Dunia Pendidikan
Dampak globalisasi terhadap dunia pendidikan memiliki pengaruh positif dan negatif. Pengaruh positif dan negatif tersebut dapat dilihat dari dinamika yang terjadi dalam lembaga pendidikan maupun dalam kehidupan masyarakat.
1. Dampak positif globalisasi
a. Pendidikan semakin maju
Globalisasi yang kini telah mendunia menyebabkan pendidikan dengan mudah menerima berbagai teknologi baru dari negara lain. Perkembangan teknologi semakin meluas hingga ke seluruh dunia seperti komputer, alat-alat transportasi dan barang elektronik lainnya yang semakin mudah untuk didapatkan. Penemuan dan perkembangan teknologi ini menyebabkan kemajuan pada dunia pendidikan. 
b. Pertukaran pendidikan
Dengan adanya arus globalisasi dalam bidang pendidikan memungkinkan adanya pertukaran antar pelajar. Pelajar dalam negeri dapat belajar diluar negeri dan begitu juga sebaliknya, pelajar luar negeri dapat belajar di dalam negeri. Dengan adanya pertukaran pelajar ini, siswa dapat melakukan adaptasi di negeri orang dan dapat mengenal sekaligus memahami budaya luar negeri.
c. Semangat kerja meningkat
Sebagai akibat dari globalisasi adalah adanya persaingan yang semakin cepat. Persaingan tersebut harus dihadapi dengan semangat untuk selalu belajar dan mengembangkan potensi diri. Dengan hal tersebut siswa dapat mengembangkan potensi diri untuk meraih prestasi baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
Selain hal tersebut diatas, dampak positif lainnya dari globalisasi dalam pendidikan adalah dapat mengembangkan pola pikir siswa dan tenaga pendidik secara progresif. Contohnya, Siswa dapat mengembangkan nalar berpikir secara ilmiah seperti menyusun karya-karya ilmiah yang digunakan untuk kemaslahatan umat. Selain itu juga siswa mampu menciptakan karya-karya inovatif yang bersumber dari pemikiran-pemikiran siswa melalui media yang ada serta dibantu oleh tenaga pendidik. 
2. Dampak negatif globalisasi 
a. Ketergantungan terhadap negara maju
Negara berkembang termasuk Indonesia biasanya belum siap menghadapi globalisasi. Sarana dan prasarana ekonomi di negara berkembangan masih sangat kurang. Oleh karena itu negara berkembang akan berlomba-lomba mencari pinjaman modal kepada negara maju, sehingga akibatnya adalah negara maju bebas mengelola sumber daya negara berkembang termasuk didalam nya lembaga pendidikan negara-negara berkembang.
b. Menurunkan kualitas moral siswa
Dengan adanya globalisasi yang ditandai maju nya teknologi dan informasi serta jaringan internet yang semakin meluas, setiap siswa dapat mengakses segala informasi tanpa batas. Sehingga ada kemungkinan siswa terpengaruh akan situs-situs yang kurang baik dan dapat mempengaruhi pola pikir siswa serta tingkah laku siswa. 
c. Menimbulkan kesenjangan sosial
Arus deras globalisasi tidak hanya mempengaruhi kesenjangan antara kota dan desa. Tetapi juga dalam hal lembaga-lembaga yang terdapat dalam suatu wilayah seperti halnya lembaga pendidikan. Faktanya adalah lembaga pendidikan yang ada di daerah kota jauh lebih maju di bandingkan dengan pendidikan yang ada di pelosok desa. Begitu juga dalam hal kualitas, kompetensi serta tingkat taraf hidup pendidik dan tenaga pendidik nya. 
Selain itu, dampak negatif lainnya dari globalisasi terhadap dunia pendidikan adalah adanya kecanduan siswa terhadap teknologi informasi serta mengurangi minat baca siswa. Hal ini terbukti dengan adanya siswa yang sibuk sendiri dengan media elektronik yang dimiliki nya ketika proses kegiatan belajar berlangsung. Serta siswa sekarang pun cenderung memakai dalil referensi yang instan yang didapatkannya melalui berbagai fitur dalam media elektronik saat ini. 



D. Solusi Pendidikan dalam Menghadapi Globalisasi
Dalam mengahadapi globalisasi, dunia pendidikan ditantang untuk meningkatkan kualitas serta daya saing yang tinggi secara menyeluruh. Khaerudin Kurniawan, memerinci berbagai tantangan pendidikan menghadapi era global.
Pertama, tantangan untuk meningkatkan nilai tambah, yaitu bagaimana meningkatkan produktivitas kerja nasional serta pertumbuhan dan pemerataan ekonomi, sebagai upaya untuk memelihara dan meningkatkan pembangunan berkelanjutan (continuing development ).
Kedua, tantangan untuk melakukan riset secara komprehensif terhadap terjadinya era reformasi dan transformasi struktur masyarakat, dari masyarakat tradisional-agraris ke masyarakat modern-industrial dan informasi-komunikasi, serta bagaimana implikasinya bagi peningkatan dan pengembangan kualitas kehidupan SDM.
Ketiga, tantangan dalam persaingan global yang semakin ketat, yaitu meningkatkan daya saing bangsa dalam menghasilkan karya-karya kreatif yang berkualitas sebagai hasil pemikiran, penemuan dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Keempat, tantangan terhadap munculnya invasi dan kolonialisme baru di bidang Iptek, yang menggantikan invasi dan kolonialisme di bidang politik dan ekonomi. 
Semua tantangan tersebut menuntut adanya SDM yang berkualitas dan berdaya saing di bidang-bidang tersebut secara komprehensif dan komparatif yang berwawasan keunggulan, keahlian profesional, berpandangan jauh ke depan (visioner), rasa percaya diri dan harga diri yang tinggi serta memiliki keterampilan yang memadai sesuai kebutuhan dan daya tawar pasar.
Selain itu, menurut Ali Sya’ban, solusi pendidikan dalam menghadapi globalisasi ialah harus mempunyai pola pikir dan paradigma yang berwawasan global. Implikasi dari pendidikan berwawasan global dalam prespektif reformasi menurut Ali Sya’ban tidak hanya bersifat perombakan kurikulum, tetapi juga merombak sistem, struktur dan proses pendidikan. Pendidikan dengan kebijakan dasar sebagai kebijakan sosial tidak lagi cocok bagi pendidikan berwawasan global. Untuk itu Ali Sya’ban menjelaskan bahwa dalam memasuki era globalisasi pendidikan harus bergeser kearah pendidikan yang berwawasan global. Mulai dari penyajian kurikulum yang bersifat interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner. Selain itu juga, kebijakan pendidikan tidak semata-mata sebagai kebijakan sosial, melainkan suatu kebijakan yang berada diantara kebijakan sosial dan kebijakan yang berdasar pada mekanisme pasar. Maka dari itu, pendidikan harus memiliki kebebasan dan bersifat demokratis, fleksibel dan adaptif.
Adapun beberapa solusi yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan dalam menghadapi globalisasi, diantaranya:
1. Orientasi pendidikan tidak hanya berupa teori-teori, namun harus dibarengi dengan praktik. Praktek pembelajaran harus lebih diperbanyak. Sehingga siswa akan mudah mengembangkan keterampilannya.
2. Dalam proses belajar mengajar, guru harus benar-benar mau mengembangkan pendidikan yang berbasis siswa sehingga akan terbentuk karakter kemandirian sebagai karakter yang dituntut dalam era global.
3. Guru harus benar-benar menguasai materi pelajaran dan ilmu mendidik. Hal ini bisa dilakukan dengan studi lanjut sesuai dengan spesialisasi, pelatihan, work shop, maupun studi banding ke institusi-institusi yang sudah maju.
4. Perlunya pembinaan dan pelatihan tentang peningkatan motivasi belajar terhadap siswa. Harus ditanamkan pola pembelajaran yang berorientasi proses bukan hasil, sehingga siswa akan terbiasa untuk belajar maksimal dengan mementingkan pada substansi bukan formalitas. Profesi guru harus dihargai dengan maksimal.
5. Mengembangkan budaya baca bagi kalangan anak usia sekolah maupun masyarakat umumnya. Pemerintah harus konsisten dengan kebijakan yang telah ditetapkan. Contoh yang paling nyata adalah alokasi APBN untuk pendidikan seharusnya benar-benar 20%.
6. Perlunya dukungan dan partisipasi komprehensif dari semua pihak yang memiliki kepentingan dengan pendidikan. Perlu adanya kerjasama antar pengelola lembaga pendidikan, pemerintah, perusahaan dan masyarakat. Jika ditinjau dari skup KSB, maka dibutuhkan kerjasama antara pengelola lembaga pendidikan (TK, SD, SMP, SMA, mapun perguruan tinggi), pemerintah (Bupati KSB sebagai pemegang kebijakan tertinggi di KSB), perusahaan (PT. NNT sebagai salah satu perusahaan raksasa yang hidup dan berperan sebagai penguras kekayaan alam KSB), dan masyarakat.

E. Kesimpulan 
Menurut asal katanya, kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Globalisasi merupakan suatu proses tatanan masyarakat yang bersifat mendunia dan tidak mengenal batas wilayah, akan memberikan dampak baik yang bersifat positif maupun dampak buruk yang bersifat negatif. Menghindar atau bersifat tertutup dari dampak globalisasi adalah hal yang tidak mungkin, karena kita adalah bagian dari masyarakat dunia. 
Dalam kaitannya dengan globalisasi, lembaga pendidikan dituntut untuk menciptakan masyarakat masa depan yang berdasarkan ilmu pengetahuan. Melalui pendidikan, proses transmisi serta pengembangan ilmu pengetahuan akan terjadi. Meskipun demikian, keberadaan globalisasi dalam dunia pendidikan akan menghilangkan nilai budaya yang terkandung dalam pendidikan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari hilangnya nilai moral anak bangsa setelah adanya pengaruh dari globalisasi ini.
Keberadaan globalisasi dalam dunia pendidikan memang dianggap sebagai benalu atau berwajah ganda. Dimana dalam teori pendidikan yang umumnya bersifat humanistik, oleh globalisasi menjadi sangat dehumanistik. Selain itu, melalui globalisasi definisi pendidikan sebagai upaya sadar untuk mencerdaskan dan memproduksi ilmu pengetahuan menjadi celoteh tak berguna, karena definisi pendidikan kini menjadi pelatihan kerja (workshop) untuk memproduksi tenaga-tenaga produktif. 
Dampak positif dari globalisasi dalam pendidikan adalah dapat mengembangkan pola pikir siswa dan tenaga pendidik secara progresif. Contohnya, Siswa dapat mengembangkan nalar berpikir secara ilmiah seperti menyusun karya-karya ilmiah yang digunakan untuk kemaslahatan umat. Selain itu juga siswa mampu menciptakan karya-karya inovatif yang bersumber dari pemikiran-pemikiran siswa melalui media yang ada serta dibantu oleh tenaga pendidik.  
Dampak negatif lainnya dari globalisasi terhadap dunia pendidikan adalah adanya kecanduan siswa terhadap teknologi informasi serta mengurangi minat baca siswa. Hal ini terbukti dengan adanya siswa yang sibuk sendiri dengan media elektronik yang dimiliki nya ketika proses kegiatan belajar berlangsung. Serta siswa sekarang pun cenderung memakai dalil referensi yang instan yang didapatkannya melalui berbagai fitur dalam media elektronik saat ini. 
Adapun beberapa solusi yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan dalam menghadapi globalisasi, diantaranya: 
1. Orientasi pendidikan tidak hanya berupa teori-teori, namun harus dibarengi dengan praktik. 
2. Dalam proses belajar mengajar, guru harus benar-benar mau mengembangkan pendidikan yang berbasis siswa sehingga akan terbentuk karakter kemandirian sebagai karakter yang dituntut dalam era global.
3. Guru harus benar-benar menguasai materi pelajaran dan ilmu mendidik.
4. Perlunya pembinaan dan pelatihan tentang peningkatan motivasi belajar terhadap siswa. 
5. Mengembangkan budaya baca bagi kalangan anak usia sekolah maupun masyarakat umumnya. 
6. Perlunya dukungan dan partisipasi komprehensif dari semua pihak yang memiliki kepentingan dengan pendidikan. 

Komentar

  1. Hubungi Mrs. RIKA ANDERSON
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp +19147057484

    Nama Penguji: Putri Ahmad
    Negara: Indonesia
    Alamat: Surabaya
    Pinjaman: Rp100.000.000
    Bank Rakyat Indonesia
    Putri: putriitaahmad@gmail.com

    Am Putri Ahmad dari kota Surabaya. Saya kehilangan sekitar 7 juta karena saya butuh modal besar sekitar Rp100.000.000 juta. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini.

    Saya bertemu dengan teman online Margaretha Asmara dengan email margarethaasmaran@gmail.com dan saya juga menghubungi ibu Nisrina Endang di email facebook endangnisrina@gmail.com yang memberikan kesaksian dan memperkenalkan saya kepada ibu yang baik, Mrs. Rika Anderson dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang akhirnya membantu saya beberapa hari yang lalu saya mendapat pinjaman 100 juta dari perusahaan.

    Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat. Saya melihat orang-orang membagikan kesaksian mereka di blog ini dan saya memutuskan untuk juga menceritakan kisah saya. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini jika Anda memiliki keraguan atau saran. Semoga Allah memberkati kita semua dan membawa kita ke penolong keuangan yang baik.

    BalasHapus
  2. PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Email kantor :::: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp :::: +1(914)705-7484

    Nama saya Vania hilman dari Malaysia dan saat ini tinggal di Dubai. Seorang ibu tunggal dengan 2 anak. Saya berdoa dan saya memikirkan kesaksian di internet minggu ini dengan nama PERUSAHAAN RIKA ANDERSON LOAN. Ibu Rika membantu saya dengan $ 60.000 USD.

    Saya benar-benar membutuhkan mereka, pada awalnya saya tidak pernah mempercayai mereka, tetapi setelah memenuhi tuntutan mereka, saya mendapatkan pinjaman saya. Hari ini saya membayar hutang saya dan saya juga bangga dengan apartemen saya sendiri. Ibu dan dua teman saya mengambil keuntungan dari penawaran ini, dan saya juga ingin seluruh negara mengambil keuntungan dari penawaran yang murah hati ini. ini email pribadi saya vaniahilmanaki@gmail.com.

    Testifier :::: Vania hilman
    Negara Sekarang :::: Dubai (UEA)
    Jumlah Pinjaman :::: $ 60.000
    email :::: vaniahilmanaki@gmail.com

    BalasHapus
  3. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  4. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer